BERITA

  • Perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H di SMA N 1 Prambanan

    Perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H di SMA N 1 Prambanan

    Rohis bersama OSIS SMA Negeri 1 Prambanan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk merayakan hari raya Idhul Adha. Kegiatan ini dilaksanaan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 1-2 September 2017 di lingkungan sekolah.

     

    Pada hari Jumat, 1 September 2017 Rohis bersama warga SMA N 1 Prambanan dan warga sekitar sekolah melaksanakan shalat Idul Adha di halaman sekolah. Imam dan khotib pada kesempatan ini adalah bapak Windarto, S.Pd. Dalam kutbahnya, beliau menyerukan agar selalu bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benar takwa dan mengambil hikmah dari kisah nabi Ismail ‘Alaihissalam dengan ayahnya nabi Ibrahim ‘Alaihissalam.

     

    Idul Adha adalah hari raya kedua dalam Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Hari Raya Idul Adha dikenal juga dengan Idul Qurban karena pada lebaran ini umat Islam yang mampu disunnahkan untuk berkurban. SMA N 1 Prambanan seperti tahun-tahun sebelumnya melaksanakan kurban dengan menyembelih seekor sapi. Penyembelihan hewan kurban dilakukan pada hari Sabtu, 2 September 2017. Kegiatan ini dapat berjalan dengan lebih mudah dan kompak karena ada kerjasama antara guru, rohis, dan seluruh siswa. Daging kurban kemudian dibagikan kepada warga SMA N 1 Prambanan dan sebagian dibagikan tiap kelas untuk bahan lomba memasak.

     

    Para siswa sangat berantusias selama pelaksanaan lomba masak berlangsung. Peralatan dan bumbu-bumbu masakan dipersiapkan dan diracik sedemikian rupa untuk membuat masakan yang lezat. Berbagai jenis olahan masakan yang berbahan dasar daging kurban disajikan dengan begitu menawan oleh para siswa. Penilaian dilakukan oleh guru-guru untuk menentukan pemenangnya. Penilaian diambil berdasarkan rasa, penyajian, dan kerapian penyajian. Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

     

    Selain lomba memasak, panitia juga mengadaan berbagai lomba keagamaan. Lomba keagamaan dilaksanakan untuk meningkatkan semangat dakwah dan menggali potensi siswa. Beberapa lomba yang telah dilaksanakan antara lain: lomba azan, lomba ceramah, lomba MTQ, dan lomba kaligrafi. Semua lomba tersebut dapat diikuti oleh siswa putera dan puteri kecuali lomba azan yang hanya diperuntukkan bagi siswa putera.

     

    Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan tali silaturahim antar umat muslim, serta menjadi generasi yang selalu mengingat keteladan nabi Ismail ‘Alaihissalam.  Semoga acara ini dapat menumbuhkan generasi yang cerdas secara spiritual dan akademiknya. Sehingga terwujudlah tombak penerus bangsa yang beriman dan mampu menghadapi perkembangan dan tantangan zaman.

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks