BERITA

  • Hadiah Istimewa Larasati Indah pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2017

    Hadiah Istimewa Larasati Indah pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2017

    Bangsa Indonesia memeringai Hari Kesaktian Pancasila pada hari Minggu, 1 Oktober 2017. Seluruh warga SMA Negeri 1 Prambanan pun turut memeringatinya dengan melaksanakan upacara bendera di halaman upacara Sekolah. Upacara yang dipimpin bapak Darwito, S.Pd selaku kepala sekolah berlangsung dengan tertib dan lancar.

    Hari Kesaktian Pancasila lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965 karena terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S).Pancasila merupakan ideologi yang paling cocok untuk bangsa Indonesia dan juga sudah tidak bisa ditawar lagi.  Pada hari itu, enam Jenderal dan 1 Kapten  serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta dan berupaya mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.Sudah sepatutnya generasi penerus bangsa dapat meneruskan semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

    Namun ada yang berbeda pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini. Seorang siswa mengharumkan almamater dengan prestasi yang diraihnya. Ia adalah Larasati Indah, memberikan hadiah istimewa kepada SMA N 1 Prambanan setelah berhasil meraih juara 3 kelas B putri dalam Kejuaraan Asia Tenggara Open Pencak Silat SMP dan SMA Sederajat Perebutan Piala Menpora RI Ke-3 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Semangat dan rasa percaya diri yang kuat menjadi modal utama gadis yang sekarang duduk di kelas X IPA 4 ini. Ia mengatakan cukup puas dengan hasil yang telah diperoleh.

    Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta yang Ke-62 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Tapak Suci Dewantara UST menyelenggarakan “DEWANTARA CHAMPIONSHIP” pencak silat antar pelajar SMP dan SLTA/sederajat Perebutan “Piala Menpora RI Ke-3” tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Rabu, tanggal 26-30 September 2017 di Grahawana Bhaktiasa Jl. Kenari No. 01 Yogyakarta.

    Kegiatan yang bertemakan “Membangun Karakter Generasi Bangsa Melalui Pencak Silat”tersebut diharapkan mampu memberikan konstribusi olahraga pencak silat yang sesungguhnya. Selain itu juga meningkatkan kecintaan terhadap budaya bangsa sehingga dapat membakar jiwa semangat patriotisme, nasionalisme, religiuskultural dan humanistic yang melandasi profesionalisme dalam intelektual dan moralitas generasi penerus bangsa khususnya kaum pelajar dalam menghadapi tantangan globalisasi.

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks