BERITA

  • KEGIATAN PERKEMAHAN GUGUS DEPAN 14.059-14.060  SMA NEGERI 1 PRAMBANAN TAHUN 2017/ 2018

    KEGIATAN PERKEMAHAN GUGUS DEPAN 14.059-14.060 SMA NEGERI 1 PRAMBANAN TAHUN 2017/ 2018

    Gerakan pramuka SMA Negeri  1 Prambanan Sleman menyelenggarakan kegiatan perkemahan selama tiga hari yaitu 9-11 Maret 2018 di Bumi Perkemahan Pentingsari Cangkringan. Peserta kali ini adalah kelas X dengan jumlah peserta sebanyak 191 anak. Kemah pramuka golongan penegak mengambil tema “Satukan Budaya melalui Pramuka”

    Tujuan kegiatan ini yaitu membina kader pramuka yang tangguh, meningkatkan kecakapan berorganisasi, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, memupuk nilai patriotisme dan nasionalisme serta membentuk jiwa kepemimpinan. Pelepasan peserta kemah dilaksanakan di lapangan upacara SMA N 1 Prambanan pada pukul 07.00 oleh bapak H. Darwito, S.Pd selaku kepala sekolah. Beliau berharap semua peserta dapat menjaga nama baik sekolah dan ketertiban.

    Peserta didik kelas X terlihat antusias, terbukti sebelum kemah mereka sudah mempersiapkan perlengkapan dan persiapan pentas kemah. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu mendirikan tenda, apel, bhakti masyarakat, lomba cerdas cermat pramuka dan masak, out bond, pentas seni, api unggun, dan penjelajahan.

    Kegiatan yang paling meriah terlihat pada acara api unggun dan pentas seni. Dalam acara pentas seni, setiap kelas menunjukkan ekspresinya masing-masing. Ada yang menampilkan tari tradisional, nusantara, modern, aransemen musik, dan drama. Panitia mengapresiasi seluruh tampilan, dan memilih tampilan terbaik diantara semua tampilan. Pentas terbaik jatuh pada kelas X IPS 1 dengan tari kreasi baru dengan jumlah 25 orang, juara 2 dari kelas X IPA 2 dengan drama musikal. Selanjutnya dipilih sangga tergiat putra yaitu kelas X IPA 4, X IPS 2 Pelaksana 6, X IPS 2 Perintis 6. Sangga terbaik purtri yaitu X IPS 3, X IPA 4, X IPA 2.

    Kak Michell sebagai DA, menyampaikan setelah kegiatan pramuka selesai berharap semua peserta tetap rajin pramuka dan menjadi anggota yang mandiri serta bertanggung jawab. Sovia Clara Wau kelas XII IPA 1 menambahkan dan berharap semua peserta dapat menjalin hubungan dan berinteraksi yang baik, tidak hanya dengan sangganya atau kelasnya saja tetapi dapat berkomunikasi dengan semua orang.

    Kegiatan perkemahan berjalan lancar. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah pembinaan generasi muda yang berkualitas dan mimiliki integritas serta kepekaan sosial yang tinggi terhadap situasi sehingga tercipta kader-kader yang menjadi inspirator dan penggerak serta dapat menjawab tantangan di era globalisasi.

     

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks