BERITA

  • Yoga Ardika Tama Sabet Medali Perak dalam Ajang OOSN Tingkat Provinsi

    Yoga Ardika Tama Sabet Medali Perak dalam Ajang OOSN Tingkat Provinsi

    SMA Negeri 1 Prambanan Sleman berhasil meraih prestasi gemilang dalam kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) cabang olahraga lompat jauh di tingkat provinsi. Yoga Ardika Tama kelas XI IPA 3 berhasil menyabet medali perak. Kompetisi tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 21 April 2018 di UNY.

     

    Pada awalnya Yoga yang telah sukses mencatatkan posisi paling atas pada tingkat Kabupaten berhasil mewakili Sleman dengan lompatan sejauh 5,90 meter. Kali ini OOSN di tingkat Provinsi berhasil mencatatkan lompatan sejauh 6,29 meter. Pencapaian lompatan yang meningkat dan luar biasa. Akan tetapi lompatan itu terpaut 10 cm dengan lompatan siswa dari Bantul yaitu 6,39. Dengan hasil lompatan 6,29 maka Yoga berhak menjadi juara 2 dan membawa pulang medali perak serta uang pembinaan sebesar 1.500.000.

     

    Sebagai atlet lompat jauh, ia selalu rajin berlatih. Hal ini terbukti jadwal latihan yang ia jalani pada hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu bersama pelatih bapak Hernawan, selaku guru olah raga dan ekstrakurikuler. Mereka berlatih pukul 06.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. Tidak mengenal lelah, pada hari Minggu pun, mereka tetap bersemangat untuk latihan. “Saya percaya pada proses, selalu berlatih dengan enjoy. Apabila teman-teman ingin menggeluti bakat mari kita bersama berusaha, berdoa, untuk hasil pikir belakang. Tenang saja proses yang keras dan hasil itu tidak pernah mengkhianati”, tutur Yoga.

     

    Sosok yoga sudah senang dan menggeluti olah raga sejak SD terutama sepak bola. Kejuaraan di bidang sepak bola telah ia raih sejak SD. Akan tetapi sebagai atlet lompat jauh, ia mengaku baru menggeluti dan mendapatkan kejuaraan di bidang lompat jauh sebanyak 4 medali ketika duduk di bangku SMA. “Saya bersyukur dan bahagia mendapatkan prestasi ini. Cita-cita yang paling dalam adalah dapat membanggakan orang tua, sekolah, dan Indonesia tercinta. Dari beberapa prestasi itu bagi saya, Pak Hernawan itu segalanya, beliau yang telah menemukan bakat saya sehingga saya dapat mengembangkan kemampuan dan prestasi di cabang lompat jauh di SMA N 1 Prambanan. Saya sangat berterima kasih kepada Pak Hernawan, sebagai pelatih yang selalu bersemangat melatih, memberi kepercayaan dan kesempatan untuk mengembangkan dan mengukir prestasi”, tambahnya.

     

    Bapak Hernawan sebagai pelatih juga merasa bangga. “Walaupun hanya di peringkat 2 setidaknya dia dapat memecahkan rekor pribadi”, tuturnya. Seluruh keluarga besar SMA N 1 Prambanan merasa bersyukur dan bangga, salah satu peserta didik berhasil meraih prestasi yang membanggakan serta mengharumkan almamater. Semoga ke depan dapat mencatatkan beberapa prestasi serta dapat memotivasi peserta didik yang lain baik di cabang atletik maupun cabang lomba yang lain.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks