BERITA

  • Memaknai Momentum Hari Pendidikan Nasional, SMAN 1 Prambanan Gelar Upacara

    Memaknai Momentum Hari Pendidikan Nasional, SMAN 1 Prambanan Gelar Upacara

    Prambanan- Rabu. SMA Negeri 1 Prambanan Sleman menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (2/5/2018). Bertindak sebagai pembina upacara adalah bapak Darwito, S.Pd selaku Kepala Sekolah. Sebagaimana telah diketahui bahwa Hari pendidikan Nasional ditetapkan pada tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut bertepatan dengan kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara.

    Bapak Darwito, S.Pd dalam amanatnya menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy bahwa tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 yaitu ”Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I Pasal 1 ayat 2 menyatakan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan merupakan akar pendidikan nasional. Jika pendidikan kuat maka kebudayaan juga akan maju. Sebagaimana diakui Asisten Direktur Jenderal UNESCO, Fransesco Bandarin mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara adidaya (super power) kebudayaan. Indonesia terus menggali kekayaan budaya, melestarikan, dan mengembangkan demi terwujudnya negara yang benar-benar adikuasa, sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017.

    Bapak Darwito, S.Pd juga menyampaikan pesan Mendikbud bahwa kita berusaha bergandeng tangan memberikan kebutuhan peserta didik dalam menanamkan tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. Karakter moral diantaranya nilai Pancasila, keimanan, ketaqwaan, kejujuran, empati, rasa welas asih, sopan santun. Karakter kinerja yaitu kerja keras, ulet, tangguh, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Untuk menghadapi tantangan zaman juga harus membudayakan literasi sains, teknologi, finansial, dan budaya. Ditambah kompetensi kreativitas, berpikir kritis, memecahkan masalah, dan komunikasi.

    Upaya memajukan pendidikan dan kebudayaan tersebut memerlukan kerja sama satuan pendidikan yang disebut tripusat pendidikan yaitu sekolah, keluarga, masyarakat. Guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi peserta didik. SMAN 1 Prambanan telah mengimplementasikan literasi, mengembangkan kompetensi kognitif dan keterampilan serta Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab dan kerja sama antara satuan pendidikan sebagai persemaian nilai religius, tanggung jawab, kejujuran, gotong-royong dan sebagainya. Upaya penguatan karakter juga ditekankan sebelum pengumuman UN kelas XII yaitu dengan menghimbau peserta didik untuk menghindari vandalisme dan konvoi. Kemajuan pendidikan juga dirasakan di SMAN 1 Prambanan, terbukti di akhir upacara diumumkan beberapa peserta didik yang berhasil mengukir prestasi, diantaranya juara 1 O2SN Lompat jauh tingkat Kabupaten dan juara 2 tingkat Provinsi, juara pencak silat, juara lompat jauh putri, dan dua peserta didik berhasil lolos anggota Paskibraka tingkat Kabupaten, selanjutnya satu siswa maju seleksi tingkat nasional. Maka di momentum Hari Pendidikan Nasional ini diharapkan semua satuan pendidikan dengan tulus bersama membangkitkan semangat mengabdi dengan ikhlas, bergerak untuk pendidikan demi menghasilkan generasi yang berkepribadian. Selamat Hari Pendidikan Nasional! VIGARA Jaya!

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks