BERITA

  • Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Pekan Pramuka Model Blok di SMA Negeri 1 Prambanan Tahun 2018/ 2019

    Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Pekan Pramuka Model Blok di SMA Negeri 1 Prambanan Tahun 2018/ 2019

    Dalam rangka menyambut peserta didik baru tahun pelajaran 2018/ 2019, SMA Negeri 1 Prambanan Sleman berusaha menyambut dengan maksimal dan bernuansa edukatif kreatif. Panitia dan OSIS telah merencanakan program kegiatan PLS yang menyenangkan, berpendidikan, berkarakter, beriman dan berbudaya sehingga peserta didik dapat menuntut ilmu di taman belajar yang menyenangkan dan menjalin kekeluargaan di kampus SMA Negeri 1 Prambanan, sekolah hijau. Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru. Kegiatan dilaksanakan tanggal 16-18 Juli 2018 dan dilanjutkan masa keakraban pada tanggal 19-20 Juli 2018.

    Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana prasarana, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Tujuan pengenalan lingkungan sekolah yaitu membantu siswa baru beradaptasi, menumbuhkan motivasi belajar, mengembangkan interaksi positif antara siswa, guru, karyawan, menumbuhkan sikap menghargai adanya keanekaragaman.

    Hari pertama sekolah dan pengenalan lingkungan sekolah diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh siswa, guru dan karyawan di lapangan upacara dengan properti 4 medali sebagai tanda kejuaraan pencak silat Yogya Championship 2018. Bapak Darwito, S.Pd,  selaku kepala sekolah SMAN 1 Prambanan bertindak sebagai pembina upacara sekaligus membuka kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Beliau mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru dan berharap dapat bergabung menuntut ilmu di SMA Negeri 1 Prambanan. Beliau juga berpesan kepada kakak kelas untuk lebih rajin belajar serta memberikan motivasi bahwa banyak kelas XII yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan favorit.

     

    Sebagai makhluk yang beriman, keluarga besar SMA berusaha menjalin hubungan dengan Tuhan dan sesama dengan mengadakan syawalan. Acara ini dipandu oleh Hafidh Nur Ozi Alfianto, sebagai ketua OSIS memimpin ikrar syawalan, dilanjutkan berjabat tangan. Selanjutnya berbagai materi dan kegiatan disampaikan peserta didik baru mulai dari pengenalan lingkungan dan ekstrakurikuler, HAM (Pembina Pramuka), bahaya narkoba oleh BNN, pembinaan karakter, kenakalan remaja dan lalu lintas (Kapolsek), mitigasi bencana (BPBD)  dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, baris berbaris, pemilihan pleton, penghijauan, berbagai permainan, serta kreativitas.

    Seiring kegiatan PLS, peserta didik kelas XI dan XII juga melaksanakan kegiatan Pekan Pramuka. Kegiatan ini menggunakan model Blok. Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Sebagai penanggung jawab model blok adalah Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus). Sedangkan Pembina kegiatan Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina. Kegiatan Model Blok yaitu dinamika kelompok, semaphore, rapling, pengenalan kesakaan, teknologi tepat guna, lomba pionering, hasta karya, sketsa panorama dan peta pita menaksir tinggi, lebar, dan deras arus.

     

    Pada hari Kamis, 17 Juli 2018  seluruh peserta didik melaksanakan jalan sehat di Candi Banyunibo dan Tebing Breksi Banyunibo yang letaknya tak jauh dari lokasi sekolah. Semua berkumpul dengan keceriaan, berbaur satu sama lain di warisan budaya Candi Banyunibo, sehingga menciptakan keakraban bagi peserta didik baru dan warga sekolah.

     

    Usai prosesi PLS dan Pekan Pramuka, kegiatan ditutup dengan pentas seni dan ritual penutupan. Peserta didik mulai dari kelas X-XII menampilkan ekspresinya mulai dari band, musikalisasi puisi, dance, dan kreasi lainnya. Kegiatan berjalan lancar, apresiasi untuk Kesiswaan, panitia PLS dan Pekan Pramuka, OSIS, BPBD, BNN, Kapolsek Prambanan serta peserta. Semoga dengan adanya kegiatan PLS dan Pekan Pramuka menjadikan peserta didik mempunyai minat belajar yang tinggi, nyaman, lebih mandiri dan bijak dalam menghadapi segala perubahan, pembaharuan serta tantangan zaman.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks