BERITA

  • MEMASUKI TAHUN AJARAN BARU, PRAMUKA SMAN 1 PRAMBANAN MENYELANGGARAKAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN

    MEMASUKI TAHUN AJARAN BARU, PRAMUKA SMAN 1 PRAMBANAN MENYELANGGARAKAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN

    Prambanan—Gerakan pramuka SMAN 1 Prambanan pada hari Jumat dan Sabtu kemaren (2-3 Agutus 2018) menyelenggerakan kegiatan “Penerimaan Tamu Ambalan (PTA)”.

    “Acara ini diselenggarakan untuk menyambut anggota baru gerakan pramuka SMAN 1 Prambanan. Adik-adik dari SMP dulunya adalah anggota pramuka penggalang, saat memasuki jenjang SMA mereka naik tingkat menjadi penegak sehingga kami menyelenggarakan kegiatan ini. Mereka adalah calon-calon ambalan sehingga kami sebagai dewan ambalan melakukan acara ini untuk menyambut mereka sekaligus memperkenalkan Gerakan Pramuka di sekolah ini”, Ungkap Nevada, salah satu anggota Dewan Ambalan.

    PTA dibuka oleh Bapak Darwito selaku Kamabigus Gerakan Pramuka Gugus Depan 14059/14060 Pangkalan SMAN 1  Prambanan. Dalam pembukaan sore itu, dilakukan upacara adat tancap palu. Kak Ilham dan Kak Zahro terpilih sebagai pemangku adat. Kak Ilham membawa keris sedangkan Kak Zahro membawa bunga. Setelah pembukaan dan sambutan dari Kamabigus, upacara adat tersebut segera dilangsungkan. Upcara diawali dengan pembacaan Sandi Ambalan yang dilakukan oleh Kak Mayang dan Kak Destian. Saat pembacaan Sandi Ambalan, calon ambalan diminta untuk mendengarkan dengan khikmad sembali memegang hasduk masing-masing. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Amsal Ambalan oleh Kak Ilham. Setelah itu, upacara adat menancapkan kapak baru dimulai.

    Kapak ditancapkan pada batang kayu oleh Kak Zahro dan Kak Ilham. Selama kegiatan, baik panitia maupun peserta wajib menjaga kapak dan batang pohon tersebut. Kapak tidak boleh lepas dari kayu sampai acara selesai. Jika tercabut, maka acara dinyatakan gagal dan harus mengulang upacara dari awal lagi. Upacara ini memang sudah menjadi adat yang selalu dilaksanakan oleh Pramuka SMAN 1 Prambanan.

    Jumat malam setelah pembagian kelas untuk tempat istirahat, makan malam, dan beribadah, kegiatan diisi dengan penyampaian materi dasar kepramukaan. Setelah materi selesai, acara dilanjutkan dengan pentas seni dari masing-masing kelas dan calon dewan ambalan. Acara pada malam itu berakhir sekitar pukul 00.00 WIB.

    Menjelang dini hari, calon ambalan dibangunkan untuk melakukan pengembaraan malam. Calon ambalan bersama sangga masing-masing diminta untuk mencari petunjuk yang telah diletakan di beberapa lokasi oleh Dewan Ambalan. Petunjuk-petunjuk tersebut akan membawa mereka ke lokasi tempat penyimpanan tanda sangga, jika berhasil maka usaha mereka untuk menjadi anggota pramuka SMAN 1 Prambanan tinggal selangkah lagi. Kegiatan jelajah malam ini dilakukan di lingkungan SMAN 1 Prambanan yang sudah disetting sedemikian rupa.

    Puncak acara penerimaan tamu ambalan dilangsungkan pada sabtu pagi (3/7). Setelah ibadah pagi, senam, dan sarapan bersama-sama di lapangan, acara dilanjutkan dengan pelantikan calon ambalan. Dalam puncak acara ini setiap calon ambalan harus melakukan ritual melompati tali pramuka yang direntangkan dilanjutkan dengan membasuh muka menggunakan air bunga tujuh rupa dan diakhiri dengan hormat serta mencium Sang Saka Merah Putih. Setelah melalui upacara ritual tersebut, siswa siswi kelas x tersebut sudah resmi masuk sebagai anggota pramuka gugus depan 14059 Ki Hajar Dewantara untuk putra dan gugus depan 14060 R.A. Kartini untuk putri.

    “Saya senang mengikuti acara Penerimaan Tamu Ambalan ini, selain menjadi lebih akrab dengan taman-teman, saya juga menjadi kenal dengan seluk beluk gerakan pramuka di SMAN 1 Prambanan. Kegiatan ini juga bisa membangun rasa kebersamaan, misalnya dari acara jelajah malam dan sarapan bersama di lapangan”, ungkap Farrel, salah satu peserta Penerimaan Tamu Ambalan.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks