BERITA

  • Kunjungan SMA N 1 Prambanan ke PTN dan Museum Soeharto

    Kunjungan SMA N 1 Prambanan ke PTN dan Museum Soeharto

    Prambanan- Rabu, SMA Negeri 1 Prambanan Sleman mengadakan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta (6/2/2019). Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan dorongan kepada peserta didik kelas XII agar lebih termotivasi melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Dr. Else Liliani, M.Hum, selaku dosen UNY di ruang Digital Library. Dalam sambutannya, beliau merasa senang dan terhormat karena UNY menjadi tujuan kunjungan untuk memperluas informasi perguruan tinggi yang diminati. Selain itu, beliau menjelaskan berbagai program studi, beasiswa, peluang pekerjaan para alumni, dan prestasi serta keunggulan yang dimiliki Universitas Negeri Yogyakarta. Peserta didik SMA N 1 Prambanan terlihat antusias menyimak penjelasan yang diberikan, hal ini terbukti beberapa peserta didik yaitu Alfira, Aura (XII IPA 4), dan Putri Azzahra (XII IPA 1) mengajukan pertanyaan  terkait syarat masuk UNY dan program studi. Begitu juga Suci Wulandari kelas XII IPA 3 mengaku lebih termotivasi untuk belajar dan masuk ke UNY Jurusan Ekonomi.

    Bapak Wasi Suharsana, S.Pd, selaku WAKA Kesiswaan menyampaikan terima kasih  kepada UNY atas kesempatan kunjungan untuk memperoleh pengalaman dan wawasan yang diberikan Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau selaku alumni UNY (yang dulu IKIP) tersebut merasa senang karena bisa mengunjungi kampus UNY dan melihat perubahan yang pesat serta berharap beberapa anak didik bisa melanjutkan studi di UNY. Hal yang senada disampaikan Dr. Else Liliani, M.Hum yang mengajak para peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya. “Kita sudah berada di Revolusi industri 4.0, kalau kita tidak berkembang, kita hanya akan menonton”,ucapnya. “Dengan adanya Bidik Misi, tidak mematahkan semangat melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga semua harus berani bermimpi lalu belajar lebih keras. Bidik Misi adalah kesempatan”, tambahnya. Beliau juga memberikan motivasi dengan menayangkan mahasiswa yang berprestasi dari keluarga pedagang mainan dan mantan buruh pabrik plastik dari bidik misi yang telah melanjutkan kuliah ke Jepang. Di akhir pertemuan, pihak promosi/ protokol dan perwakilan SMA N 1 Prambanan memberikan cindera mata sebagai bentuk kenang-kenangan.

    Setelah melakukan kunjungan di UNY, peserta didik mengunjungi wisata sejarah yaitu Museum Soeharto. Di tempat ini peserta didik dapat belajar tentang sejarah. Kunjungan di museum disambut oleh Kepala Museum, Gatot Nugroho. Beliau menjelaskan sejarah, nonton film sejarah serta biografi bapak Soeharto. Peserta didik juga diajak berkeliling ke diorama dan melihat petilasan tempat lahirnya bapak pembangunan nasional. Mereka juga merasakan sejuknya air sumur kenangan yang telah ada semenjak Soeharto kecil. Peserta didik terlihat antusias menikmati penjelasan sejarah dan film sejarah biografi Jenderal Soeharto.

    Dengan melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dan Museum Soeharto, semoga peserta didik kelas XII dapat lebih termotivasi belajar, menambah wawasan sehingga anak-anak mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta dapat mempersiapkan diri lebih baik ke jenjang Perguruan Tinggi. Ditambah menikmati wisata sejarah diharapkan menjadi penyemangat anak-anak VIGARA untuk selalu menumbuhkan jiwa nasionalisme serta patriotisme yang berilmu.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks