BERITA

  • Gladian Pimpinan Satuan SMA Negeri 1 Prambanan Tahun 2018/ 2019

    Gladian Pimpinan Satuan SMA Negeri 1 Prambanan Tahun 2018/ 2019

    Gerakan pramuka SMA Negeri 1 Prambanan Sleman menyelenggarakan Gladian Pimpinan Satuan (2019). Peserta dalam kegiatan ini adalah pimpinan dan wakil sangga, putra 35 dan putri 48 orang. Bentuk kegiatan berupa perkemahan dan pembekalan pimpinan sangga. Kegiatan ini sesuai dasar hukum yaitu Undang Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2013, Keputusan Kwarnas No.045 Tahun 2013 dan Nomor 176 Tahun 2013 dan hasil musyawarah Dewan Ambalan tahun 2018. Kegiatan ini bertujuan (1) membina kader-kader pramuka yang tangguh; (2) meningkatkan kecakapan dan ketrampilan berorganisasi; (3) menumbuhkan nilai saling menghargai, patriotisme, dan nasionalisme; dan (4) membentuk jiwa kepemimpinan pimpinan sangga.

    Gladian Pemimpin Satuan dilaksanakan Jumat-Sabtu, 25-26 Januari 2019. Berbagai kegiatan kepemimpinan dilaksanakan mulai dari dinamika kelompok, teknik penguasaan audience, administrasi, organisasi, pengetahuan tentang permainan dan kepemimpinan yang dipandu oleh tim. Untuk melatih jiwa dan mental serta kecintaan terhadap pramuka, pada tengah malam mereka melakukan perjalanan bakti yang dilaksanakan di lingkungan SMA N 1 Prambanan.

    Dita (X IPA 3), selaku anggota GPS mengaku senang dengan kegiatan GPS, “Saya cinta tentang kepemimpinan, kegiatan ini dapat menambah kedisiplinan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan”, ujarnya. Dengan dilaksanakan Gladian Pimpinan Satuan, diharapkan dapat membentuk generasi yang terampil di bidang kepramukaan dan menciptakan kader yang berjiwa pancasila.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks