BERITA

  • MPLS DAN PEKAN PRAMUKA  SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

    MPLS DAN PEKAN PRAMUKA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

    MPLS merupakan moment yang sangat penting bagi penanaman dan pembentukan karakter peserta didik baru. Selain itu, kegiatan MPLS ini sebagai upaya dan wadah  untuk menjembatani peserta didik baru mengenai berbagai ciri khusus dari jenjang sekolah yang dimasukinya. Tujuan lainnya adalah untuk mengenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan fisik, sosial, maupun pembelajaran yang nanti akan dihadapi peserta didik baru.

    Kegiatan MPLS yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambanan dibuka dengan kegiatan upacara pada hari Senin, 15 Juli 2019. Dalam sambutannya Drs. Darwito selaku kepala sekolah menyampaikan beberapa harapan antara lain: peserta didik baru agar lebih mengenal lingkungan sekolah, mengenal Bapak, Ibu guru, dan karyawan serta kakak-kakak tingkatnya sehingga akan terjalin kerukunan dan keharmonisan. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Lebih lanjut Bapak Darwito mengharapkan agar peserta didik di SMA Negeri 1 Prambanan semakin meningkatkan prestasi baik akademik maupun nonakademik. Selain kegiatan MPLS dalam sepekan peserta didik kelas XI dan kelas XII ada kegiatan Pekan Pramuka.

    Kegiatan MPLS di SMA Negeri 1 Prambanan digawangi oleh Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, pengurus dan anggota OSIS Vigara dengan menjalin kerja sama dengan lembaga kedinasan lainnya seperti Polsek, Duta HIV DIY, maupun BPBD.  Adapun agenda MPLS hari pertama sampai hari ketiga diisi dengan berbagai kegiatan antara lain: penyampaian visi dan misi sekolah, pembinaan karakter, pengenalan lingkungan, pengenalan ekstrakurikuler, bahaya narkoba, mitigasi bencana, kenakalan remaja, penghijauan dan kebersihan lingkungan, serta literasi. Sedangkan kegiatan Pekan Pramuka diisi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kepanduan antara lain: leadership, pioneering, penguasaan sandi morse, kedisiplinan, survival, kegiatan tali-temali dan lainnya.

    Sedangkan hari keempat peserta didik baru bersama kakak kelas, Bapak, Ibu Guru beserta karyawan melakukan kegiatan jalan sehat ke Candi Banyunibo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan dan menanamkan cinta lingkungan terhadap peserta didik serta lebih mengakrabkan antarwarga sekolah.  Hari kelima, tepatnya Jumat 19 Juli 2019 MLPS ditutup dengan kegiatan penampilan kreativitas bersama kelas X, XI, dan XII. Acara penutupan  MPLS dan Pekan Pramuka dibuka oleh Bapak Darwito selaku kepala sekolah. Beliau mengharapkan dari kegiatan MPLS  ini Peserta didik baru memiliki rasa keterikatan dengan SMA Negeri 1 Prambanan. Selain itu, diharapkan akan terjalin keakraban dan komunikasi dengan kakak kelas dan warga sekolah lainnya sehingga akan tercipta keharmonisan sekolah.

    Untuk kegiatan Pekan Pramuka diharapkan peserta didik kelas XI dan XII semakin berkarakter, disiplin, dan berprestasi. Diharapkan para peserta didik semakin baik dalam menjalin silaturahmi dengan Bapak Ibu guru. Hal yang dapat dilakukan antara lain, jika bertemu atau berpapasan dengan Bapak Ibu guru selalu tersenyum dan menyapa. Senyampang akan ada peringatan hari Anak Nasional Kepala Sekolah juga mengharapkan peserta didik dapat membangun identitas dan karakter anak dalam berbangsa dan bertanah air Indonesia

    Setelah menyampaikan sambutan beliau mempersembahkan 2 lagu kenangan salah satunya lagu legendaris dari Obbie Messakh yang berjudul “Kisah-Kasih di Sekolah”. Acara dilanjutnya dengan gelar potensi peserta didik dengan menampilkan berbagai seni utamanya band anak-anak Vigara serta berbagai unjuk kebolehan yang dipersembahkan oleh peserta didik kelas X, XI maupun XII. Dalam kegiatan penutupan ini terlihat antusiasme peserta didik dalam unjuk kebolehan patut diacungi jempol. Kreatif dan berkelas. Mereka tampil dengan percaya diri dalam mengeksplor bakat dan kemampuannya dalam bidang seni, utama seni suara. 

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks