BERITA

  • WARGA VIGARA GUNAKAN HAK SUARA DALAM PEMILOS 2019

    WARGA VIGARA GUNAKAN HAK SUARA DALAM PEMILOS 2019

               Jumat, 25 Oktober 2019 Vigara punya gawe. Jumat penuh berkah dipilih oleh SMA Negeri 1 Prambanan untuk melaksanakan pemilihan Ketua OSIS periode 2019-2020. Dua hari sebelum acara PEMILOS dilaksanakan, tepatnya Rabu, 23 Oktober para kadindat Balon Ketos melakukan orasi menyampaikan visi dan misi. Ada 4 kadindat yang bertarung memperebutkan kursi panas Ketua OSIS masa bakti 2019-2020. 1 orang inkaben, 3 petarung baru salah satunya adalah perempuan. Mereka dengan penuh keyakinan menyampaikan visi misi untuk kemajuan OSIS dan program kerja untuk mendukung peningkatan kualitas kegiatan yang ada di SMA Negeri 1 Prambanan. Hampir semua kadindat menyampaikan misi untuk peningkatan kualitas kegiatan ekstrakurikuler dan  kinerja OSIS yang berlandaskan Ketuhanan. 

                Dalam acara orasi Bapak Darwito, S.Pd. selaku kepala sekolah menyampaikan pesan agar calon terpilih Ketua OSIS nantinya dapat mengabdikan diri kepada SMA Negeri 1 Prambanan dengan sebaik-baiknya dan setulus-tulusnya demi nama baik sekolah. Bagi yang tidak terpilih menjadi Ketua Umum dimohon kerja samanya untuk meneruskan estafet kepemimpinan dan melanjutkan program yang baik untuk kemajuan OSIS dan SMA Negeri 1 Prambanan.

                Demi kemajuan OSIS dan SMA Negeri 1 Prambanan para Bakal Ketos bersaing secara sehat dengan visi dan misi yang ditawarkan kepada para pemilih. Untuk Bakal Ketos No Urut 1 Ridwan Hidayat X IPA 2, menawarkan Visi: Mewujudkan OSIS SMA negeri 1 Prambanan sebagai organisasi yang dikenal luas oleh masyarakat dan sebagai wadah aspirasi. Sedangkan visi tersebut dijabarkan dalam Misi: 1) Mengutamakan Tuhan Yang Maha Esa dalam semua aspek, 2) Menyampaikan usulan-usulan dari siswa kepada sekolah, 3) Mengadakan event-event internal maupun eksternal, 4) Menjalin hubungan baik dengan sekolah lain, 5) Mengadakan bakti sosial, dan 6) Mengembangkan 5s (senyum, sapa, salam, sopan, santun).

    Sedangkan inkamben, Muhammad Rizal  XI IPA 1  mengusung Visi yang tak kalah kerennya. Visinya adalah menjadikan OSIS sebagai wadah nuntuk menampung dan mewujudkan  inspirasi dan kreativitas siswa serta menjadikan OSIS SMA Negeri 1 Prambanan yang lebih rasional, idealis, dan bermutu.. Rizal mengurai dalam Misi: 1) Mendukung kegiatan kerohanian serta pembinaan agama untuk mewujudkan ketaqwaan kepada Tuhan YME2) Mengembangkan dan mendukung kreativitas kegiatan ekstrakurikuler, 3) Menumbuhkan kesadaran siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekolah dan ketertiban sekolah, 4) Memberdayakan pperpustakaan untk meningkatkan minat baca siswa, 4) Mengoptimalkan kinerja OSIS dan memperbaiki program serta hasil kinerja periode sebelumnya, 6) Merangkul dan mendukung organisasi lain di lingkungan sekolah agar lebih unggul dan berprestasi, 7) Menumbuhkan rasa kekeluargaan & kerukunan antarsiswa maupun antarorganisasi.

    Divo  Mahendra X IPA 4 Bakal Ketos nomor urut 3 menggulirkan  Visi: Menjadikan OSIS lebih progresif, dinamis, dan kreatif serta mendorong untuk lebih berprestasi dengan mengoptimalkan ektrakurikuler untuk lomba. Divo, walaupun baru kelas X tapi patut diacungi jempol dengan misinya yang tak kalah dengan inkamben. Misi: 1) Mengutamakan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap aspek kegiatan. Karena Divo berkeyakinan  bahwa semua yang dilakukan berawal dari ridlo Tuhan sehingga semua rencana dapat dilakukan dan berhasil dengan baik. 2) Merangkul dan menjalin hubungan baik dengan organisasi lain seperti MPK, Adiwiyata, Rohis maupun Rokris, 3) Menjalankan aktivitas akademik dan nonakademik demi mewujudkan visi OSIS, 4) Mengutamakan solidaritas agar semua program berjalan dengan baik. dan 5) Meningkatkan kualitas  program kerja dengan bekerja sama dengan siswa.

    Untuk Bakal Ketos nomor urut 4,  Mufida Rahma Khaiz XI IPS 1 satu-satunya perempuan mengemukakan Visi: yaitu menjadikan sekolah kita lebih berprestasi, kreatif, inovatif dan bertangung jawab dengan dilandasi iman dan taqwa. Misi: 1) Meningkatkan kegiatan kerohanian serta pembinaan agama untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) Mengembangkan kreativitas dengan peningkatan kualitas kegiatan ekstrakulikuler yang ada, 3) Memaksimalkan program baik yang sudah atau akan dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi siswa baik secara akademik maupun nonakademik, 4) Meningkatkan kedisiplinan dengan berbagai kegiatan terutama dalam belajar berorganisasi di sekolah.

    Pada akhirnya pertarungan keempat Bakal Ketos itu berhenti pada hari Jumat, 25 Oktober saat semua warga sekolah menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya. Semua warga SMA Negeri 1 Prambanan melakukan Pemilos dengan suka cita dan demokratis, tak ada kericuhan, tak ada persaingan yang tak sehat,  tak ada dendam, semua berjalan secara sportif baik yang kalah maupun yang menang. Inilah contoh demokrasi yang sesungguhnya. Aman, damai, dan sejahtera. Di akhir penghitungan suara diperoleh nama-nama Bakal Pimpinan Elit OSIS VIGARA masa bakti 2019-2020. Ketua Umum: Muhammad Rizal Firmanzah dari XI MIPA 1 memperoleh suara 326, Ketua 1: Divo  Mahendra X IPA 4 memperoleh suara 144, Ketua 2 : Mufida Rahma Khaiz XI IPS 1 dengan perolehan suara sebanyak 114.

    Selamat untuk Ananda yang terpilih semoga makin amanah dan dapat melaksanakan visi dan misi dengan baik. semoga OSIS dan SMA Negeri 1 Prambanan makin Jaya dan makin Hebat. Aamiin. Salam sukses selalu. (mamik. Doc.)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks