BERITA

  • GEMPITA ULANG TAHUN VIGARA KE -34

    GEMPITA ULANG TAHUN VIGARA KE -34

    Kamis, 21 November 2019, ada yang beda di SMA Negeri 1 Prambanan. Aura kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah warga sekolah. Utamanya peserta didik yang tergabung dalam kepanitian HUT sekolah yang ke-34. Karena selama 2 hari akan menggelar berbagai acara untuk memeriahkan acara HUT ini. Hari pertama dimulai dengan kegiatan upacara dilanjutkan dengan walking together yang diikuti oleh seluruh peserta didik dan Bapak, Ibu Guru serta Karyawan. Acara ini sebagai wujud peduli lingkungan dan menjalin eratnya komunikasi bagi seluruh warga sekolah. Diselingi istirahat acara kemudian dilanjutkan dengan  game kemilenialan, dan unjuk kebolehan band sekolah.  Puncak acara hari pertama ditutup dengan colour jump diringi Marsha Band. Suasana yang tercipta benar-benar meriah, uforia tergambar jelas di raut wajah-wajah anak-anak yang melakukan colour jump. Walaupun muka, pakaian, bahkan seluruh tubuh penuh bubuk warna-warni.

    Sebelumnya Kepala SMA Negeri 1 Prambanan menyampaikan sambutnya sekaligus mengimbau kepada semua civitas akademika agar menyadari bahwa dengan bertambahnya usia harus diiringi peningkatan kualitas pendidikan. Karena tanpa kualitas yang baik maka output akan kalah bersaing di kancah nasional maupun internasional. Untuk itu anak-anak harus dilatih bertanggung jawab terhadap diri sendiri demi kepentingan masa depan anak dan sekolah. Selain itu, Kepala sekolah juga wanti-wanti kepada OSIS dan Panitia HUT untuk meningkatkan kesadaran dan mementingkan kebersamaan agar acara HUT berjalan dengan lancar. Pesan yang tidak kalah pentingnya adalah  agar anak-anak memanfaatkan waktu 2 untuk hari acara HUT dengan sebaik-baiknya, jangan sampai mencoreng nama baik sekolah. Harapannya panitia lebih solit lagi, sopan, dan santun serta menjaga nama baik sekolah.  Di hari ke-2 persiapan harus dimatangkan agar tamu undangan nyaman dan puas.

                Dalam pembacaan selayang pandang tentang sejarah SMA Negeri 1 Prambanan, civitas akademika diingatkan bahwa  tanggal 22 November 1985 merupakan kelahiran Sekolah Menengah Atas Negeri Prambanan yang terletak di Dusun Madubaru, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan,Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, sebelum gedung terselesaikan di bangun maka proses pembelajaran dilakukan sore hari di SMA Negeri 1 Kalasan yang terletak di jalan Jogya Solo, Tepatnya di Dusun Bogem maka masyarakat juga menyebutnya dengan SMA Bogem. Seiring perjalanan waktu memasuki usia matang SMA Negeri 1 Prambanan makin bagus prestasinya baik secara akademik maupun nonakademik, sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan putra dan putrinya makin meningkat dari tahun ke tahun.

                Untuk hari kedua perayaan ulang tahun ditandai dengan acara menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia dilanjutkan dengan potong tumpeng oleh Bapak Darwito, S.Pd. selaku kepala SMA Negeri 1 Prambanan diberikan kepada ketua panitia Abdurrahman Aziz Mu’afa. Potong tumpeng ini sebagai bentuk rasa syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan berbagai kemudahan SMA Negeri 1 Prambanan meningkatkan kualitas pendidikan baik akademik maupun nonakademik. Selain itu, juga ditandai dengan melepas burung merpati sebagai simbol perdamaian. Harapan ke depan SMA Negeri 1 Prambanan selain kualitasnya bagus juga melahirkan output yang berkarakter dan berkepribadian baik sehingga dapat tumbuh menjadi generasi yang selalu menjaga perdamaian.

                Bapak Darwito juga mengharapkan dengan bertambahnya usia, SMA Negeri 1 Prambanan dapat meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik. Prestasi akademik ditandai dengan 90% lulusan yang mendaftar di Perguruan Tinggi 40 % diterima di PTN dan Kedinasan dan 50% melanjutkan di PTS favorit. Sedangkan dalam raihan prestasi nonakademik 3 tahun terakhir SMA Negeri 1 Prambanan selalu menyumbangkan medali di tingkat kabupaten maupun provinsi dalam cabang atletik dan beladiri: Taekondo dan Beladiri. Secara kelembagaan pun SMA Negeri 1 Prambanan berhasil meraih prestasi dengan diperolehnya Akreditasi A untuk Vigara Pustaka dan Adiwiyata juara 1 tingkat kabupaten.

    Moment ulang tahun ini ajang yang paling tepat untuk melakukan evaluasi diri tentang keberadan SMA Negeri 1 Prambanan untuk selalu meningakatkan kualitas dan tumbuh menjadi  Anak-anak  yang bermartabat berakhlak mulia dan bermanfaat bagi sesama manusia. Harapan Kepala Sekolah pun seiring jalan dengan harapan Drs. Priya Santosa, M.M Kepala Balai Dikmen Kabupaten Sleman, SMA Negeri 1 Prambanan tumbuh,  berkembang, dan prestasinya makin meningkat sesuai harapan para pendiri. Bapak Priya Santosa juga mengimbau bahwa  memaknai ultah tidak sebatas uforia tetapi harus diapresiasi dan bagaimana memaknai ultah ini sebagai moment untuk intropeksi terhadap kegiatan setahun yang telah lalu. Sehingga dapat  dilakukan sebagai acuan untuk membenahi kegagalan.

    Satu catatan hasil evaluasi dari Kepala Balai Dikmen dan pesan yang disampaikan untuk Kepala Sekolah dan Bapak, Ibu Guru bahwa  prestasi yang diraih oleh  SMA Negeri 1 Prambanan setahun yang lalu pada intinya: Kepala Sekolah harus menata dan mengajak  Bapak dan Ibu Guru untuk mengubah mindset agar prestasi akademik semakin meningkat. Hal ini didasarkan pada perolehan prestasi akademik bahwa ranking SMA Negeri 1 Prambanan menempati urutan ke-58 dari 173 SMA se-DIY. SMA Negeri 1 Prambanan punya PR dan  punya beban yang panjang agar naik ke peringkat yang lebih baik.

    Untuk jurusan IPA sekabupaten  Sleman SMA Negeri 1 Prambanan menempati posisi 16 dari 53 SMA se-Sleman. Posisi yang sangat drop karena diantara 17 sekolah negeri SMA Negeri 1 Prambanan ada diurutan 11. Tapi patut berbangga hati untuk jurusan  IPS ada di posisi 34 dari 199 dan  10 besar dari 61 jurusan IPS yang ada kabupaten. Harapannya sebagai Kepala Balai, Pak Priya mengajak guru-guru untuk meningkatkan materi-materi pada konten yang lebih mendalam. Dengan memperbanyak latihan-latihan soal-soal HOTS. Sedangkan untuk prestasi  nonakedemik di bawah naungan Bapak Darwito makin baik, dan ada pembeda dengan sekolah-sekolah lain seperti pemberdayaan fasilitas gazebo-gazebo dan panggung kreasi serta rumah pohon untuk kegiatan pembelajaran.

    Sebagai penutup atau purna acara HUT SMA Negeri 1 Prambanan yang ke-34 anak-anak dan warga sekolah dihibur Guest Star NDARBOY GENK dengan lagu andalan antara lain Balungan Kere. Baik-Baik Saja, Aku Sing Duwe Ati, Tibo Mburi, dan Kadung Jero. Anak-anak begitu antusias berjingkrak-jingkrak mengikuti irama, walaupun matahari membakar tubuh mereka. Peluh bercampur debu yang beterbangan tak melenyapkan gairah anak-anak untuk berjoget mengikuti irama musik yang menghentak. Wajah-wajah lelah tapi menampakkan kepuasan karena panitia berhasil menyelenggarakan acara HUT SMA Negeri 1 Prambanan dengan lancar. Tak ada gading yang tak retak. Terima kasih anak-anak Vigara yang hebat. Teriring doa semoga Vigara makin JAYA & HEBAT. Aamiin (Mamik. Doc)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks