BERITA

  • DI MASA PADEMI TETAP BERPRESTASI

    DI MASA PADEMI TETAP BERPRESTASI

                Masa pandemi Covid 19 semua orang dipaksa mengurung diri. Bahasa kerennya isolasi. Tak boleh keluar rumah jika tak memiliki kepentingan yang sangat urgent. Selama berhari-hari bahkan mencapai hitungan bulan. Tentu rasa bosan menyelimuti diri. Tetapi bagi yang aktif dan kreatif justru waktu WFH digunakan sebaik-baiknya buat berkarya dan tetap bekerja. Tetapi tetap mengutamakan kesehatan dan mematuhi protocol Covid 19. Seperti yang dilakukan oleh salah satu guru SMAN 1 Prambanan ini. Namanya Kusmarmi. Di masa pandemi Guru bahasa Indonesia ini ditunjuk mewakili SMAN 1 Prambanan mengikuti lomba Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten 2020. Waktu untuk menyusun berkas dan portofolio hanya seminggu. Sangat singkat karena informasi masuk ke sekolah juga terlambat. Alkhamdulillah waktu singkat itu bisa digunakan sebaik-baiknya. Kerjanya Bandung Bondowoso.  Istilah untuk kerja kejar tayang.

                Sambil menanti hasil pengumuman seleksi Guru Berprestasi, Guru bahasa Indonesia satu inii membimbing dan mendampingi anak-anak yang tergabung dalan Gen Movie Vigpro untuk membuat film dokumenter tentang Adiwiyata sekolah, MPLS, dan film dokumenter untuk lomba di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman. Kalau siswa sekolah lain  WFH anak-anak yang tergabung dalam Gen Movie Vigpro yang berjumlah 6 orang ini justru berkarya di sekolah. Tentu saja tetap dengan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah. Jaga jarak, pakai masker, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

                Pada akhirnya penantian panjang untuk pengumuman Guru Berprestasi membuahkan hasil yang baik, Kerja keras Kusmarmi, Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Prambanan  selama seminggu siang dan malam menyusun portopolio dan best practice menghasilkan juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten. Kebahagian pun tak hanya berhenti di situ. Kerja keras selama sebulan membuat film 3 film dokumenter juga berbuah manis. Film dokumenter untuk lomba sekolah Adiwiyata juga mendapat respon yang bagus. Sedangkan untuk video MLPS juga dapat membantu pemahaman siswa baru terhadap sekolah.

                Alkhamdulillah keikhlasan dan kerja keras  anak-anak juga membuahkan hasil yang sangat positif. Anak-anak tetap semangat, sehat, dan happy    membantu sekolah mewujudkan video MPLS. Dan sangat bersyukur film dokumenter yang diikutsertakan dalam lomba film dokumenter Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman meraih Juara 1 mengalahkan SMA Debrito.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks