BERITA

  • Pameran Daur Ulang Barang Bekas Hasil Karya Siswa SMAN 1 Prambanan Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional

    Pameran Daur Ulang Barang Bekas Hasil Karya Siswa SMAN 1 Prambanan Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional

                Pameran inovatif daur ulang barang bekas karya siswa SMA Negeri 1 Prambanan digelar tepat tanggal 21 Februari 2019 dalam  rangka memperingati “Hari Peduli Sampah Nasional”.  Program ini terselenggara atas inisiatif tim kader Adiwiyata untuk menampilkan hasil karya siswa. Dengan  program ini seluruh siswa bisa berlomba-lomba membuat karya inovatifnya. Tentu saja tidak terlepas dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). Mata pelajaran PKWU inilah yang mendorong para siswa  berkarya secara inovatif.

               “Para siswa sangat antusias ketika mendapat mata pelajaran kerajianan ini, mereka terlihat senang bahkan yang laki-laki pun mau menjahit apa yang harus dijahit, sungguh sangat membanggakan. Apalagi sekolah kita ini sekolah Adiwiyata jadi kita harus membiasakan para siswa untuk peduli terhadap sampah  yang dapat dimanfaatkan di sekitar kita“. Demikian ungkap Ibu Rizki Paramitha Ayu, S.Pd salah satu guru mata pelajaran PKWU SMA Negeri 1 Prambanan.

               Di SMA Negeri 1 Prambanan ini barang bekas yang tidak terpakai bisa disulap menjadi barang yang lebih bermanfaat. Beraneka ragam karya siswa yang dipamerkan seperti; tas dari bungkus kopi, tas dari tutup botol air mineral, tas dan dompet dari kain perca, vas bunga dan tempat pensil dari botol air mineral, kap lampu dan bingkai dari kardus bekas, miniatur kapal dan rumah dari koran bekas, dan masih banyak lagi. Pameran berjalan lancar dan  pameran ini dinikamti oleh seluruh siswa, guru dan pengunjung tamu wali murid.

                Peringatan Hari Peduli Sampah ini bertepatan dengan pertemuan pihak sekolah dengan orang tua/wali murid untuk koordinasi menghadapi Ujian Nasional. Tentu saja para orang tua wali murid setelah selesai koordinasi mereka melihat-lihat pameran yang sedang di gelar. “Saya senang dengan adanya pameran ini karena anak-anak kami bisa berkarya mengubah barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat” ungkap salah satu wali murid yang hadir.

               Sampah jika didiamkan akan menjadi musuh kita karena akan merusak lingkungan, dengan demikian kita lah yang harus peduli terhadap sampah agar lingkungan kita bersih  dari sampah. Seperti yang dilakukan para siswa SMA Negeri 1 Prambanan ini, kegiatan mereka mengolah barang bekas bisa menjadi contoh buat kita semua. Yuk peduli sampah! (met)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks