BERITA

  • SERTIJAB KEPALA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

    SERTIJAB KEPALA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

    Bertepatan Hari Ibu 22 Desember 2020 penantian panjang SMA Negeri 1 Prambanan yang mendamba hadirnya Kepala Sekolah definitif berakhir dengan acara Sertijab dari PLT Kepala SMA Negeri 1 Prambanan Bapak Basuki Jaka Purnama, S.Pd., M.Pd kepada  Bapak Sigit Purwanto, S.Pd., M.Pd.  Mengingat situasi dan kondisi pandemi Covid 19 belum usai maka acara  Sertijab dilaksanakan secara sederhana di GOR SMAN 1 Prambanan diawali dengan berdoa dan menyanyi lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Vigara.

    Dalam rangkaian acara Sertijab PLT Bapak Basuki Jaka Purnama, S,Pd.,M.Pd menyampaikan kalimat sambutan yang intinya mengharapkan Bapak Sigit Purwanto dapat melanjutkan estafet sebagai Kepala Sekolah dengan baik dan membawa kemajuan  bagi Peserta Didik, Bapak Ibu Guru, Karyawan makin berprestasi serta sejahtera.  Bapak  Jaka dalam sambutanya juga menyampaikan raihan prestasi selama masa pandemi dan sembilan bulan menjadi PLT SMAN 1 Prambanan antara lain terpilihnya  Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten, Juara 1 Lomba Film DLH Kabupaten Sleman, Juara 3 KoPSI tingkat Nasional dan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata. Tak lupa pula menyampaian permohonan maaf jika sembilan bulan mendampingi SMAN 1 Prambanan ada kekurangan dan kekilafannya.

    Gayung pun bersambut, dalam paparan singkatnya Bapak Sigit Purwanto mengemukakan bahwa beliau telah dilantik menjadi Kepala SMAN 1 Prambanan pada tanggal 16 Desember 2020 dengan senang hati menerima ketugasan tersebut. Bapak Sigit pun menyatakan kesanggupannya akan melanjutkan program-program sekolah yang telah ada dan tengah  dijalankan, dan memajukan sekolah tentu dengan meminta dukungan dan doanya kepada Bapak Ibu Guru Karyawan dan Komite Sekolah.

    Selain itu Bapak Sigit juga menyatakan bahwa proyeksi pendidikan akan tercapai bila pertama adalah mengedepankan pendidikan karekater/akhlak  siswa utamanya dalam  hal Moral yang meliputi Iman, Taqwa, Jujur, serta Kerja Keras dan  Kinerja yang bagus. Yang kedua mengenai potensi SDM yang harus mampu berpikir kritis, kreatif, komunikaif dan kolaboratif. Yang ketiga adalah literasi baca siswa harus memiliki kesimbangan dalam minat dan pemahaman atau daya baca yang baik, keempat adalah penguasan  literasi budaya, dan literasi teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman, serta literasi keuangan dalam hal ini adalah penyerapan anggaran yang baik dengan pelaksanaan program yang maksimal. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan sekali lagi memohon dukungan dan doa dari warga sekolah untuk mendukung ketugasannya di SMAN 1 Prambanan.  

    Tak ketinggalan dalam acara pisah sambut dari Bapak Jaka dan Bapak Sigit  Kepala Balai Dikmen Kabupaten Sleman mengungkapkan bahwa yang namanya mutasi, promosi atau rotasi itu merupakan hal yang biasa terjadi di kedinasan.  Karena mutasi atau rotasi ini bisa terjadi kerena prestasi maupun wanprestasi. Sehingga semua PNS yang mengalami mutasi maupun rotasi baik menjadi Kepala Sekolah maupun guru menyiapkan mental, hati, dan pikiran adar dapat menerima dengan lapang hati. Tidak menjadi beban sehingga menjadi nglokro dan patah semangat dalam bekerja. Beliau berpesan agar dalam mutasi dan rotasi tidak terbawa perasaan pada kalimat like and dislike.  Dalam kesempatan itu pula Bapak Priya Santosa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Jaka yang telah menjalankan ketugasan sebagai PLT Kepala SMAN 1 Prambanan selama sembilan bulan.

    Beliau juga mengungkapan berbagai kasus yang terjadi di Kabupaten Sleman karena ketidaktahuan PNS/guru, karyawan pada aturan kepegawaian. Untuk itu diharapkan Kepala Sekolah senantiasa menyampaikan berbagai aturan dan peraturan bagi guru dan karyawan sehingga tidak terjadi pelanggaran. Selain itu, diharapkan Kepala Sekolah melakukan komunikasi dan pembinaan terhadap Guru dan Karyawan secara berkala sehingga terjalin komunikasi yang baik.

    Beliau juga berpesan kepada Bapak Sigit selaku Kepala SMAN 1 Prambanan yang baru agar dapat menjalankan ketugasannya dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan potensi yang ada di SMAN 1 Prambanan menjadi lebih berkualitas. Juga diharapkan Bapak Sigit bisa melaksanakan program-program yang telah ada dan merancang program kerja sehingga keterserapan dana anggaran dapat berjalan dengan optimal.  Acara Sertijab diakhiri dengan doa yang disampaikan Bapak Abdul Kasri. Pada acara ini pula Bapak Jaka dan Bapak Sigit didaulat untuk menyumbangkan suara merdunya sebagai penutup acara Serijab. (mamik.doc)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks