BERITA

  • Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2021

    Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2021

    SMA Negeri 1 Prambanan Laksanakan Simulasi Siaga Bencana

    Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2021, SMA negeri 1 Prambanan melaksanakan simulasi siaga bencana. Bertempat di SMA Negeri 1 Prambanan tepatnya di lapangan sekolah, Seluruh tim SSB berbagi peran sesuai tugas masing-masing. Simulasi dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan berjalan lancar.

    “Kegiatan simulasi diawali adanya informasi dari kecamatan  yang disampaikan ke pihak sekolah bahwa telah terjadi gempa, yang kemungkinan akan terjadi gempa susulan. Dengan sigap Kepala sekolah mengadakan briefing untuk koordinasi dengan tim SSB  dalam menghadapi kemungkinan terjadinya gempa susulan.kegiatan simulasi berlanjut pada proses pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas. Guru menjelaskan materi  terjadinya gempa kepada peserta didik. Dan tiba-tiba terjadi gempa susulan, guru beserta siswa menyelamatkan diri dengan berlindung di bawah meja. Setelah keadaan aman baru seluruh siswa menuju titik kumpul. Tim pun sigap mengecek  korban yang terluka untuk segera ditangani. Ambulance siap menjemput korban untuk di bawa ke RS”.

    Sekolah siaga bencana dapat diwujudkan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah utamanya kepala sekolah, guru, siswa dan warga sekolah lainnya. Di samping itu, masyarakat yang bermukim di sekitar sekolah, orang tua siswa, organisasi terkait kebencanaan dan pendidikan, dan pemerintah daerah juga berperan dalam menunjang terwujudnya sekolah siaga bencana. Mengingat pentingnya dukungan dan bimbingan dari pihak di luar sekolah dalam membangun sekolah siaga bencana.

    Demikian jalan cerita simulasi yang diselenggarakan oleh tim SSB  SMA Negeri 1 Prambanan. Sebagai Sekolah Siaga Bencana  SMA Negeri 1 Prambanan sudah beberapa kali mengadakan simulasi. Hal ini sangat penting karena untuk melindungi warga sekolah jika terjadi bencana.

    Semoga kita semua selalu sigap dan selamat dalam menghadapi bencana apapun. (salam/met)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks