• SMA Negeri 1 Prambanan Sleman
  • 0274 496753
  • sma1prb@yahoo.co.id

BERITA

  • SMA NEGERI 1 PRAMBANAN APEL  DI HARI PAHLAWAN

    SMA NEGERI 1 PRAMBANAN APEL DI HARI PAHLAWAN

    Vigara, Journy. (10 November 2021). Suasana GOR SMA Negeri 1 Prambanan pagi ini sedikit berbeda dari hari biasanya karena Bapak Ibu Guru beserta Karyawan SMA Negeri 1 Prambanan dan peserta didik memperingati Hari Pahlawan dengan apel pagi. Apel pagi dilaksanakan dengan sederhana namun hikmat. Apel diawali dengan menyiapkan pasukan, penghormatan kepada Bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila, dan dilanjutkan sambutan dari kepala sekolah. Pada kesempatan apel tersebut Bapak Sigit Purwanto, S.Pd., M.Pd., menyampaikan sejarah singkat tentang Hari Pahlawan dan juga pesan-pesan edukatif khususnya kepada peserta didik sesuai dengan tema kali ini adalah 'PAHLAWANKU INSPIRASIKU'.

    Dalam pidato singkat Beliau mengharapkan agar para peserta didik dalam masa pandemi ini tetap semangat untuk belajar baik secara Pertemuan Tatap Muka Terbatas maupun Pembelajaran Jarak Jauh sehingga tumbuh jiwa patriotisme seperti Bung Tomo dan Arek-Arek Surabaya dalam melawan Sekutu. Di mana peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 yang memakan banyak korban menjadi puncak dari perjuangan para pahlawan pada saat itu. Untuk itu diharapkan agar masyarakat, Bapak Ibu Guru, Karyawan, dan peserta didik dapat memaknai peristiwa ini tidak hanya sekadar diingat setiap tanggal 10 November. Tetapi lebih daripada itu, kita harus dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya sehingga bisa mengisi kemerdekaan sesuai dengan kompetensi, tugas masing-masing. Apabila kita memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan, maka hal ini dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa dalam pemulihan pascapandemi ini. Pungkas pesan dari Bapak Sigit, selaku Kepala SMA Negeri 1 Prambanan.

    Apel pagi diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Dini Damayanti ditujukan untuk para pahlawan, generasi penerus bangsa, dan juga keselamatan bangsa secara keseluruhan. Setelah apel selesai peserta didik mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan bimbingan Bapak Ibu Guru seperti biasanya.

    Selamat Hari Pahlawan. Kami akan selalu kenang jasa besarmu dan meneladani sikap patriotisme yang telah engkau wariskan. Allah bersamamu wahai Pahlwanan Kusuma Bangsa. (Mamikknes)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks