• SMA Negeri 1 Prambanan Sleman
  • 0274 496753
  • sma1prb@yahoo.co.id

BERITA

  • SMA Negeri 1 Prambanan Raih Juara II Lomba Poster Tingkat Nasional

    SMA Negeri 1 Prambanan Raih Juara II Lomba Poster Tingkat Nasional

    Rabu, 10 November 2021 bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan, Dita Nur Janah dengan pembimbing  Elnang Soewena S, Pd. berhasil menghipnotis juri dalam ajang Lomba Poster Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS (Hima Dipsos) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara online. Dita Nur Janah kelas XI MIPA 3 mengikuti lomba poster dengan tema “Permasalahan Sosial”. Poster yang dibuat oleh Dita mengusung judul CYBERBULLYING. Poster yang mengandung tema kekinian dengan banyaknya media sosial yang dimiliki remaja saat ini. Dita mampu memilih judul yang sangat menarik dengan visualisasi yang menarik, sehingga posternya mampu menggeser beberapa peserta lain dan menduduki Juara II dengan total perolehan skor 208, selisih 4 skor dari Juara I. Luar biasa, Pahlawan poster SMA Negeri 1 Prambanan!

    Poster karya Dita bercerita tentang perbandingan antara istilah zaman dulu dan sekarang. Menurutnya  zaman dulu ada istilah Mulut mu harimau mu’ dan kini telah berubah menjadi Jarimu harimau mu’. Dari jari-jari mungil inilah orang-orang memposting kata-kata hinaan, ujaran kebencian, vulgar, hoax atau berita bohong yang merugikan orang lain. Di zaman sekarang kasus yang paling sering ditemukan adalah cyber bullying melalui sosial media. Cyber bullying lebih kejam dibandingkan bullying karena meninggalkan jejak digital seperti foto, video, ataupun tulisan.

    Di dalam karya poster Dita, ia mengajak sang pembaca untuk bersikap bodoamat terhadap hujatan, hinaan terutama di media sosial, sehingga hujatan dan hinaan yang bersifat bullying tidak dapat mempengaruhi psikis seseorang. Poster tersebut juga mengajak kepada orang yang mempunyai karya di sosial media untuk dapat membedakan mana bullying atau kritik membangun untuk karya maupun diri sendiri. Selain itu poster tersebut mengajak pelaku bullying agar mereka sadar akan dampak negatif yang ber efek pada seseorang.

    Prestasi yang sangat menakjubkan karena hanya dalam waktu bimbingan yang singkat mendapatkan peringkat II Nasional. “Saya membimbing Dita hanya dalam waktu 4 hari karena dikejar deadline pengumpulan poster dari panitia” turu Elnang Soewena. Ia sangat bangga dengan hasil yang diperoleh Dita. Selain itu ia juga berharap agar ke depan banyak penerus dari Dita dan dapat mengharumkan nama SMA Negeri 1 Prambanan sampai ke tingkat Internasional.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks