• SMA Negeri 1 Prambanan Sleman
  • 0274 496753
  • sma1prb@yahoo.co.id

BERITA

  • LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN PENGURUS OSIS 2021/2022 SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

    LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN PENGURUS OSIS 2021/2022 SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

    Vigara, Journy., 17 November 2021.  Serah terima jabatan dari pengurus OSIS lama dan OSIS telah terlaksana pada tanggal 28/10/2021 sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan OSIS sepenuhnya ditangan pengurus yang baru.  Namun, pengurus OSIS periode 2020/2021 sangat peduli akan keberhasilan program kerja yang akan dilaksanakan oleh pengurus baru. Untuk itu pengurus OSIS lama mengadakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) bagi pengurus OSIS periode 2021/2022.

     Acara ini di buka secara langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Sigit Purwanto, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya Beliau mengimbau agar pengurus OSIS bisa menjadi teladan bagi peserta didik lainnya, baik prestasi, tanggung jawab, maupun sopan santunnya. Selain itu, Beliau juga menegaskan bahwa dengan latihan dasar kepemimpinan diharapkan para pengurus OSIS benar-benar memiliki pengetahuan dan pemahaman bagaimana berorganisasi yang baik dan sehat sehingga kiprah dalam kepengurusan OSIS dapat menjadi bekal kelak bagi masa depannya ketika terjun dalam masyarakat.

    Dalam sambutannya Bapak Sigit Purwanto juga menyampaikan materi tentang anti korupsi dan menyatakan bahwa korupsi merupakan suatu tindakan menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah untuk mendapatkan suatu keuntungan. Tindakan korupsi bias dipicu dari internal maupun eksternal. Factor internal bias berasal dari niat seseorang, sifat tamak, rakus, lemahnya moral, dan tidak taqwa sedangkan factor eksternal bisa dari sebuah kesempatan. Utnuk itu Beliau berpesan agar pengurus OSIS dan semua yang hadir dalam kegiatan LDK bisa menjadi generasi penegakan gerakan antikorupsi.

    Usai sambutan dan materi anti korupsi dilanjutkan dengan materi kepemimpinan yang disampaikan Mas Alpratista alumni SMA Negeri 1 Prambanan. Kegiatan ini di maksudkan agar pengurus OSIS baru memiliki sifat dan jiwa  disiplin agar mempunyai bekal kepimpinan untuk menjalankan roda organisasi sesuai struktur dalam 1 tahun ke depan. LDK ini bertujuan untuk: (1) Menciptakan karakter peserta didik untuk menjadi lebih mandiri serta memiliki jiwa kepemimpinan, (2) Menumbuhkan jiwa yang kooperatif kepada pengurus OSIS agar mampu bekerja sama dengan guru dan seluruh peserta didik, (3) Melatih kemampuan komunikasi yang baik, (4) Memberikan dan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan, (5) Mengasah kemampuan para pengurus OSIS untuk bisa mengambil keputusan terbaik untuk kepentingan sekolah, (6) Membekali dan meningkatkan kemampuan berorganisasi kepada pengurus OSIS, (7) Memberikan dasar ilmu manajemen kepada pengurus  agar bisa mengatur waktu dengan baik dan menyeimbangkan kegiatan sebagai peserta didik dan pengurus OSIS, (8) Menumbuhkan jiwa kebersamaan atau korsa yang kuat di dalam diri para siswa di sekolah, (9)  Membantu sekolah untuk menemukan inovasi terbaik bagi pengembangan pendidikan.

    Dalam kegiatan LDK ini juga dibacakan  LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) OSIS Periode 2020/2021 di saksikan oleh seluruh pengurus OSIS lama dan baru. Satu persatu acara pun di lalui hingga sampai pada inti acara yaitu, pembentukan struktur organisasi dan diskusi program kerja. Pada acara ini di laksanakan dengan musyawarah dan voting. Sebelum menginjak pada acara diskusi program kerja di lakukan ishoma terlebih dahulu. Seluruh pengurus OSIS menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing. Makan bersama di laksanakan di laboratorium kimia vigara hingga menunjukkan pukul 12.40 WIB.

    Diskusi pembentukan program kerja berjalan dengan lancar dan setiap pengurus menyampaikan ide dan pendapat masing-masing. Waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB pengurus mengadakan game/seru seruan guna menguatkan dan merekatkan kekeluargaan. Acara ini di akhiri dengan menyanyikan lagu mars dan hymne vigara. Sampai pada puncak acara yaitu penutup. Kegiatan LDK ditutup langsung oleh Bapak Wasi Suharsana selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Rangkaian acara diakhiri dengan sesi foto bersama di taman SMAN 1 Prambanan sebagai bahan dokumentasi. Kegiatan LDK ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks