BERITA

  • Lintang Amalia Laili Raih Juara 1 Lomba Poster dalam Lomba Desain Poster Industrial Competition 2021

    Lintang Amalia Laili Raih Juara 1 Lomba Poster dalam Lomba Desain Poster Industrial Competition 2021

    Industrial Competition 2021 merupakan acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga tahun 2021. Acara tersebut terdiri dari beberapa lomba, salah satunya adalah lomba poster. Lomba tersebut diikuti oleh pelajar dan mahasiswa. Lomba poster dengan tema ‘Inovasi Industri Kreatif sebagai Citra Bangsa’ di selenggarakan mulai dari pendaftaran tanggal 1 November 2021 dan diakhiri dengan pengumuman pemenang pada tanggal 6 Desember 2021. Lomba poster yang diselenggarakan secara online tersebut diikuti oleh 3 siswi dari SMA Negeri 1 Prambanan, Lintang Amalia Laili (XI MIPA 1), Charisa Aulia (XI MIPA 1) dan Dita Nur Janah (XI MIPA 3).

    Poster Lintang Amalia Laili terdiri dari tiga hal pokok yaitu pertama adalah uraian. Pada hal ini disampaikan bahwa data statistik dan hasil survei ekonomi kreatif tahun 2017, yang menyatakan bahwa peringkat pertama subsektor ekonomi kreatif ditempati oleh bidang kuliner sebesar 41,96%. Yang memiliki arti bahwa industri kuliner mempunyai kesempatan yang besar dalam meningkatkan citra bangsa ekonomi Indonesia. Kedua adalah objek makanan. terdapat beberapa icon kuliner nusantara yang di minati atau dicari oleh turis sebagai salah satu daya tarik wisata di indonesia. Seperti sate, nasi goreng, rendang dan soto. Terakhir yaitu objek gambar Indomie, silver queen, dan motif batik kawung dimaksudkan sebagai produk produk lokal yang menjadi contoh inovasi-inovasi kreatif yang dapat meningkatkan citra bangsa dan mengangkat perekonomian indonesia.

    Poster Charisa Aulia juga berisi 3 hal pokok yaitu pertama adalah gambar wanita. Gambar tersebut memiliki arti seorang wanita yang anggun dan berkepribadian dalam berbudaya. Kedua gambar motif batik. Gambar macam-macam batik dari beberapa daerah memiliki arti akar kultural yang kuat sebagai landasan karakter. Terakhir adalah uraian. Uraian ini berisi tentang inovasi industri batik.batik bukan hanya warisan leluhur tapi juga merupakan  komoditas industri yang tergolong sebagai industri kreatif yang berfokus pada penciptaan motif batik yang mengandalkan keahlian bakat dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual.

    Kedua karya siswi SMA Negeri 1 Prambanan tersebut berhasil masuk kedalam 5 besar. Poster karya Lintang Amalia Laili berhasil memikat hati Juri dan memperoleh Juara 1, mengalahkan pesaing dari sekolah dan univeristas lain. Namun sayang untuk poster karya Charisa Aulia belum berhasil  memikat hati Juri dan tidak mendapat juara.

    Elnang Soeweno selaku guru Seni Rupa sekaligus pembimbing lomba poster tersebut berharap semoga dengan pencapaian ini dapat menjadi motivasi untuk adik kelas dan teman lain untuk terus berkarya. Selain itu Bapak Elnang juga memiliki strategi untuk kedepan. “Untuk strategi kedepan saya akan memberi semangat lebih kepada mereka untuk bisa lebih berkembang dengan ide-ide mereka yang lebih kreatif” ujar Bapak Elnang. Selain itu dia juga bersyukur dengan pencapaian ini. “Perasaan saya yang jelas bersyukur anak kita mampu memperoleh juara, bangga juga, dan untuk yang gagal saya harap agar tetap sabar dan jangan bersedih. Vigara Jaya!!” pungkas Bapak Elnang. (IR)

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks