BERITA

  • Komik Karya Siswa SMA N 1 Prambanan Terpilih dalam Workshop dan Lomba Komik se-DIY

    Komik Karya Siswa SMA N 1 Prambanan Terpilih dalam Workshop dan Lomba Komik se-DIY

    Dinas Kebudayaan DIY bekerja sama dengan Media Komik dan Visual Art “Mulkarya” mengadakan Workshop dan lomba pemeranan komik. “KUKURUYUK#2 Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya!” Adalah tema workshop, lomba dan pemeranaan komik ini. Workshop dan lomba pemeranan komik telah dilaksanakan pada tanggal 3-4 Agustus 2016, bertempat di Omah Petruk Karang Kletak. Acara yang melibatkan 100 remaja usia SMA/SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta ini bertujuan untuk memupuk kreatifitas, kemampuan bertutur dan bercerita lewat bahasa gambar (komik).

    Pada perkembangannya, komik bukan hanya sekedar bacaan anak dan dewasa, tetapi juga merupakan produ budaya dan industri yang mecerminkan karakter suatu bangsa. Cerita komik yang dibuat dengan melibatkan karakter-karakter lokal suatu daerah/bangsa seperti kondisi geografis, sejarah dan kultur suatu masyarakat, menkadi pintu masuk untuk mengenal karakter bangsa tersebut. Ada trasfer pengetahuan dalam proses tersebut. Mulkarya dalam acara ini mencoba memberi semangat dan dorongan untuk anak-anak muda yang menyukai komik untuk tampil dan dan bercerita dengan karakter mereka sendiri.

    Dhimas Lingga Haryo Pamungkas dan Ilham Muhammad Ridho adalah dua siswa  yang karyanya dimuat dalam buku katalog hasil workshop dan lomba KOMIK se-DIY tahun 2016. Mereka adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang mewakili SMA N 1 Prambanan dalam acara tersebut. Hasil karya dari dua siswa ini telah berhasil terpilih dalam 30 karya komik terbaik hasil workshop dan lomba lukis komik. Kemudian siswa dengan karya tebaik yang terpilih untuk dimuat dalam buku katalog akan mendapatkan uang pembinaan.

    Kekuatan suatu bangsa ada pada generasi muda saat ini. Semoga setelah mengikuti workshop dan lomba pemeranan komik ini menjadi langkah awal munculnya komik-komik Indonesia yang disukai dan menjadi raja di negeri sendiri.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks