BERITA

  • Lanjutkan Perjuangan Sebagai Generasi Penerus Bangsa

    Lanjutkan Perjuangan Sebagai Generasi Penerus Bangsa

    Karya: Mutia Husnun Nursihha / XII  MIPA 1

                Di tahun 2016, pada tanggal 17 Agustus Indonesia telah menghirup udara kemerdekaan selama 71 tahun. Kemerdekaan yang dahulu diperjuangakan oleh para pahlawan disertai dengan pertumpahan darah demi kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Berjuang demi kehidupan yang nyaman, tentram serta layak bagi generasi penerus pembangun bangsa. Menjadikan sebuah kata “Kemerdekaan” sebagai hadiah dari panjangnya perjuangan melawan penjajah, dan sebagai titipan agar selalu dijaga dan dipertahankan. 

                Bangsa Indonesia sudah selayaknya bersyukur atas kemerdekaan Negara Republik Indonesia (NKRI) yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Masa depan Bangsa Indonesia berada ditangan generasi muda Bangsa ini. Indonesia memiliki cita-cita luhur yang harus selalu diperjuangakan, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan keejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mempertahankan kedaulatan bangsa tentu akan menghadapi banyak rintangan dan hambatan. Semangat kepahlawanan harus senantiasa berada di dalam hati para pemuda Indoneisa. Semangat juang yang menggelora, berjiwa nasionalisme dan patriotisme, keberanian, rela berkorban, pantang menyerah, cinta tanah air, dan bergotong-royong harus dijunung tinggi di manapun kita berada.

     Sudah menjadi tugas kita sebagai generasi penerus bangsa, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melanjutkan perjuangan mereka yang telah gugur mendahului kita.

    Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan adalah sebagai berikut:

          1. Mengisi kemerdekaan Indoneisa dengan hal-hal yang positif

    Kita harus mengisi kemerdekan dengan hal-hal yang positif, bukan dengan tawuran atau berpesta dimalam kemerdekaan dengan menggunakan obat-obatan terlarang. Justru hal itu malah merusak persatuan dan kesatuan bangsa, bukan menjaga persatuan dan kesatuan. Masih banyak hal positif yang dapat kita lakukan seperti lomba-lomba sebagai bentuk rasa perjuangan demi meraih kemenangan, dll.

           2. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus belajar dengan tekun

    Sebagai pelajar memang sudah semestinya belajar dengan tekun, agar cita-cita kita dapat tercapai dan dapat menharumkan nama bangsa Indonesia. Untuk membawa Indonesia ke kemerdekaan yang sesungguhnya, pendidikan menjadi nomor satu.

           3. Saling menghargai dan toleransi dalam setiap perbedaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan

    Seperti semboyan kita “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Persebaran budaya yang berbeda-beda namun tetap indah dengan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan agama, suku, dan ras di Indonesia namun tetap saling toleransi menjadi sebuah pemandangan yang membedakan bangsa ini dengan negara-negara lain. Banyak orang luar negri yang datang ke Indonesia hanya untuk belajar toleransi. Maka dari itu, kita harus bangga menjadi bagian dari bangsa yang memilik ribuan pulau ini.

    4. Mengamalkan isi dari sila-sila Pancasila

    Banyak hal yang positif dalam kandungan Pancasila yang berfungsi untuk menciptakan keamanan dan ketertiban ngara. salah satu contohnya adalah menghargai hak setiap warga negara untuk bermusyawarah mufakat yang dilakukan tanpa adanya tekanan, paksaan ataupun intervensi. Ini adalah pengamalan yang terkandung dalam sila ke empat.

    5. Menghindari pergaulan bebas yang menjurus ke hal-hal negatif

    Ini adalah point penting yang harus dipegang teguh oleh para generasi muda. Sekarang banyak sekali geng-geng motor yang anarkis yang beranggotakan para pelajar, dan yang lebih parah lagi adalah  banyaknya pemuda yang terjerumus kecanduan mengkonsumsi narkoba dan minuman keras. Jika generasi muda rusak, siapa lagi yang bisa meneruskan perjuangan para pahlawan?.

                Masih banyak hal-hal yang dari kecil hingga besar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Mengheningkan cipta setidaknya kita lakukan walupun hanya pada saat mengikuti upacara bendera untuk mengenang jasa para pahlawan kita. Beberapa point diatas adalah sedikit bagian dari seluruh hal yang dapat kita lakukan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

    Semoga dengan membaca artikel ini dapat menumbuhkan semangat juang demi mempertahan kemerdakan RI. Terimakasih Indonesia, masih mampu merdeka diumurmu yang ke-71. Semoga kami bukan hanya generasi penerus bangsa yang hanya sekedar hormat kepada benderamu saja. Namun hormat pula kepada sesama warganya. Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka!.

     

    Sumber referensi:

    http://kelompok8rear.blogspot.co.id/?m=1

    http://holicthehellboy.blogspot.co.id/p/melanjutkan-cita-cita-para-pahlawan.html/?m=1

    http://alfarizi.mywapblog.com

    Buku Paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII Kurikulum 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks