• SMA Negeri 1 Prambanan Sleman
  • 0274 496753
  • sma1prb@yahoo.co.id

BERITA

  • JUMAT SEHAT JUMAT SEMANGAT

    JUMAT SEHAT JUMAT SEMANGAT

    Vigara Journy: Jumat 11 Februari 2022 Bapak Ibu Guru beserta Karyawan melakukan senam kebugaran sebagai tanda semangat hidup sehat di tengah pandemi Covid 19 yang belum juga usai.  Acara Jumat sehat, Jumat bersih dilanjutkan dengan susur Sungai Vigara atau lebih dikenal dengan sebutan Sungai Mekong sepanjang 1, 5 km. Bapak Ibu dengan penuh semangat dan wajah ceria mengambili sampah-sampah yang ditemukan di sepanjang aliran sungai.

    Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat yang bertempat tinggal di kampung kanan kiri bantaran Sungai Mekong supaya tidak membuang sampah di aliran sungai.  Sangat disayangkan sepanjang kegiatan susur sungai banyak ditemukan sampah aneka plastik, kain, daun-daun, pampers, pecahan genteng, asbes, potongan kayu, bambu dan jenis limbah rumah tangga lainnya.   Padahal keberadaan Sungai Mekong ini sangat potensial untuk pengembangan budidaya ikan air tawar seperti lele, nila, gurameh, bawal dan ikan jenis lainnya. Bahkan  aliran air yang konstan dan tidak pernah kering ini memiliki potensi untuk pengembangan PLTA tenaga microhidro seperti yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Prambanan pada tahun 2020.

    Dari kegiatan susur sungai dan pembersihan sampah ini, warga SMA Negeri 1 Prambanan memiliki harapan besar agar bisa bekerja sama dengan beberapa padukuhan Jobohan, Gumuk, Pelemsari, Ringin Sari, Randusari, dan masyarakat hulu sungai agar tidak membuang sampah di sungai sehingga air bisa jernih dan memberi manfaat lebih secara ekonomis. Jika air bersih dari limbah rumah tangga dan limbah pertanian, maka aliran sungai ini dapat dikelola menjadi destinasi wisata air yang bagus. Sehingga secara ekonomi akan berdampak pada kesejahteraan warga padukuhan sekitar sungai Mekong. (Mamikknes)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks