• SMA Negeri 1 Prambanan Sleman
  • 0274 496753
  • sma1prb@yahoo.co.id

BERITA

  • SMAN 1 Prambanan Raih Juara II dalam Lomba Eksplorasi Pendidikan Berbasis TIK (Kemah Ilmiah TIK) Tingkat DIY Tahun 2017

    SMAN 1 Prambanan Raih Juara II dalam Lomba Eksplorasi Pendidikan Berbasis TIK (Kemah Ilmiah TIK) Tingkat DIY Tahun 2017

    Dalam rangka meningkatkan dan mengapresiasi kemampuan akademik dan profesional pendidik beserta siswa dalam mendayagunakan TIK untuk meningkatkan mutu pendidikan, Balai Tekkomdik DIY menyelenggarakan kegiatan Kemah Ilmiah TIK Tahun 2017 tingkat DIY. Beberapa kegiatan dalam Kemah Ilmiah TIK Tahun 2017 antara lain lomba berbasis TIK bagi siswa dan guru mulai dari jenjang SD, SMP, SLB, hingga SMA/MA dan SMK, lomba pembuatan media pembelajaran untuk guru dan kegiatan lokakarya bagi para Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang semuanya dikemas dalam kegiatan menarik di kawasan kebun binatang Gembiraloka.

    Dalam kesempatan tersebut, SMAN 1 Prambanan berpartisipasi mengirimkan empat tim untuk mengikuti Lomba Eksplorasi Pendidikan Berbasis TIK kelompok siswa jenjang SMA/MA se-DIY. Pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui situs www.btkp-diy.or.id. Dari seluruh SMA/MA se-DIY terdapat sekitar 40 kelompok peserta yang mendaftarkan diri mengitkuti lomba ini.

    Dalam tahap seleksi, setiap kelompok diharuskan membuat presentasi yang menggambarkan proses dan hasil observasi lapangan atas fenomena atau kejadian menarik yang terjadi di sekitar peserta dengan tema bebas. Proses pembuatan presentasi diperbolehkan menggunakan software bebas sesuai kemampuan para peserta. Kemudian file presentasi dikumpulkan langsung di kantor Balai Tekkomdik DIY tanggal 5 Mei 2017 pada jam kerja.

    Dari sekitar 40 kelompok peserta SMA/MA se-DIY, empat tim yang mewakili SMAN 1 Prambanan ini berhasil lolos 25 besar babak seleksi. Selanjutnya 25 besar kelompok peserta tersebut berhak maju ke babak penyisihan, yaitu mengikuti puncak acara Kemah Ilmiah TIK 2017 pada tanggal 23 dan 24 Mei 2017 di kebun binatang Gembiraloka.

    Pada hari pertama puncak acara, Selasa, 23 Mei 2017, 25 besar kelompok peserta diminta untuk melakukan kegiatan eksplorasi di kawasan kebun binatang Gembiraloka dengan tema “Cinta Alam, Berteknologi dan Berprestasi”. Setelah eksplorasi setiap kelompok diminta untuk membuat video pendek dengan durasi maksimal 10 menit. Video pendek yang diminta bertipe video dokumenter atau video reportase dengan bahan-bahan yang didapatkan dari hasil eksplorasi.

    Pada hari kedua, Rabu, 24 Mei 2017, dipilih 10 besar kelompok peserta untuk mempresentasikan video hasil eksplorasi mereka. Dari 10 besar ini, dua tim dari SMAN 1 Prambanan berhasil lolos babak final. Mereka adalah Herdian Maulana Safrian dengan Fahmi Azkarizal Astrian serta Alfira Fanny Kuswandari dengan Tsurayya Auliya Qurrotaayunin. Keempat siswa dari dua tim tersebut merupakan siswa kelas X MIPA 4.

    Pada tanggal 26 Mei 2017 Balai Tekkomdik DIY melalui situs resminya mengumumkan para juara untuk masing-masing jenjang lomba dalam kegiatan Kemah Ilmiah TIK 2017. Salah satu dari empat kelompok peserta yang mewakili SMAN 1 Prambanan berhasil meraih juara II jenjang SMA/MA se-DIY. Kelompok tersebut atas nama Herdian Maulana Safrian dan Fahmi Azkarizal Astrian. Keduanya merupakan siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Prambanan. Mereka mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, piagam dan piala dari Balai Tekkomdik DIY.

    Prestasi mereka menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah. Karen ini pertama kalinya SMAN 1 Prambanan mengikuti kegiatan Kemah Ilmiah TIK yang diselenggarakan Balai Tekkomdik DIY dan berhasil meraih juara II. Semoga keberhasilan ini menjadi awal yang baik untuk kedepannya dalam pengembangan prestasi bidang TIK di SMAN 1 Prambanan. 

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks