“
SMA Negeri 1 Prambanan Sleman melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) selama 3 hari dimulai tanggal 18 sampai 21 Juli 2016 di lingkungan sekolah. Pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.
Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru yang diberlakukan mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini adalah berdasarkan pada Peraturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru.
Siswa baru cukup antusias selama mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah. Pada hari pertama,dibuka dengan upacara bendera sekaligus pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan penenalan dengan kakak kelas, pengenalan lingkungan sekolah, kebersihan kelas, dan diakhiri dengan ketakwaan. Hari kedua, siswa baru memulai kegiatan dengan materi Hak Asasi Manusia (HAM), lalu penyampaian Visi dan Misi Sekolah, diteruskan acara keakraban dan Peng. Ekstr serta diakhiri dengan ketakwaan. Pengenalan Lingkungan Sekolah hari ketiga dimulai dengan menyanyikan Hymne Vigara, dilanjutkan penyuluhan narkoba, KEOSISAN, Pengenalan Lingkungan Sekolah, kemudian istirahat. Setelah istirahat, siswa baru diajak untuk mengikuti Penghijauan Lingkungan kemudian mencatat jadwal dikelas masing-masing dan diakhiri dengan upacara penutupan.
Setelah upacara peneutupan selesai, pada hari terakhir kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah juga dihadiri orang tua atau wali dari siswa baru. Seluruh siswa baru bersama orang tua atau wali murid bersama-sama masuk ke dalam kelas masing-masing dan mendapatkan pengarahan dari guru wali kelas. Semua kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dari awal sampai akhir dilaksanakan oleh guru dan dibantu OSIS SMA N 1 Prambanan.
Tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah antara lain: 1) Mengenali potensi diri siswa baru; 2) Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; 3) Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; 4) Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya; 5) Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.